TK Keliling
Rawamangun Pemuda 1
Pada
hari senin 21 september 2015 saya mendapatkan kesempatan melakukan observasi di
salah satu TK Keliling KSPA UNJ yaitu di TKK Rawamangun pemuda 1. Kelompok sosial
pecinta anak atau biasa disebut KSPyA adalah organisasi dibidang sosial yang
menyelenggarkan TK Keliling untuk anak-anak pra sejahtera. KSPA adalah tempat
berkumpul mahasiswa yang memiliki kecintaan dengan dunia pendidikan anak dan
ingin memajukan pendidikan diindonesia. Sesuai dengan namanya TK Keliling maka
dari tahun ketahun lokasi pengajaran selalu berpinah-pindah di wilayah DKI
Jakarta, depok, bekasi dan sekitarnya.
Sebelum
melakukan observasi caba yang merupakan sebutan bagi para calon anggota KSPA
harus mengikuti kegiatan SGVD (stadium
general and vision day) yang diselenggarakan oleh KSPA. Dalam kegiatan
tersebut caba dibagi kedalam beberapa kelompok untuk observasi. Kami diberi
waktu dua minggu untuk memilih waktu observasi.
Ada 4 lokasi TK Keliling yang akan diobsrvasi, yaitu TK Keliling
Rawamangun, Duren Sawit, Warakas, dan kampong bandan. Ada TK Keliling yang
berstatus tunas yang seluruh pengajarnya
merupakan mahasiswa UNJ, dan ada yang sebagian gurunya merupakan mahasiswa UNJ
dan guru lainnya dari masyarakat setempat, lalu ada juga TK Keliling yang sudah
dimandirikan. setiap kelompok cukup mengobservasi satu TK keliling saja. Saya
dimasukkan kedalam kelompok 1 yang mendapat bagian observasi di TK kelilling
rawamangun. TK Keliling rawamangun masih berstatus tunas sehingga kami dituntut
lebih memperiapkan pembelajaran karena tidak dibantu oleh masyarakat dalam hal
persiapan pembelajaran. Kelompok saya mendapat bagian hari pertama untuk observasi.
Kelompok
observasi yang bertugas berkumpul di secret KSPA. Kelompok kami mendapat jam
observasi pukul 15.00. oleh karena itu sekitar pukul 14.30 kami sudah berkumpul
di sekret untuk membantu mempersiapkan barang-barang yang akan digunakan
sebagai media pembelajaran. Setiap kelompok memiliki ibu pendamping yang
merupakan guru pengajar di TK Keliling yang akan kami observasi. Ibu Eky dan
ibu Rifca merupakan guru pengajar di TK Keliling rawamangun.
Kedatangan
kami disambut dengan baik oleh siswa-siswa TK Keliling Rawamangun dan
orangtuanya. Sebagian besar anak-anak TK Keliling Rawamangun penuh dengan
energy, siap untuk berlari, bermain ayunan, memanjat dan melompat, dan
melakukan kegiatan lainnya. Mereka sedang mengembangkan rasa irama, dan
menikmati kegiatan seperti berjalan, melompat, atau bertepuk tangan untuk
music. Hal itu sangat terlihat ketika ibu Eky dan Ibu rifca mengajak
siswa-siswa TK Keliling Rawamangun untuk bernyanyi, berbaris, bermain
dilapangan. Tetapi ada salah satu siswa yang bernama zahran yang justru tidak
ikut bermain bersama siswa-siswa lainnya. Ia lebih asik bermain sendiri. Kegiatan bergerak tersebut partisipasinya
sangat besar daripada sekedar berdiri seperti patung atau duduk terkunci
dibangkunya msing-masing. Keheningan lebih melelahkan dan menegangkan bagi
sebagian besar siswa TK Keliling Rawamangun yang kemungkinan berefek buruk bagi
perkembangan aspek-aspek lainnya.
Anak-anak
mengembangkan keterampilan sosial dan emosional selama masa prasekolah. Pada pertemuan-pertemuan
pertama, beberapa anak mungkin muncul dengan malu-malu dan seperti kurang
inisiatif dalam bergaul, namun secara perlahan biasanya mereka dapat memperoleh
kepercayaan diri, mulai membangun persahabatan dan aktif dalam kelas.
Anak-anak TK Keliling
Rawamangun Sangat suka bicara. Kesempatan untuk berbicara tentang apa yang
mereka lakukan, apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar akan membantu
anak-anak membangun makna dan belajar dari pengalaman mereka. Kelas yang
merupakan bekas ruang RW terdengar sangat gaduh oleh teriakan-teriakan siswa-siswa
TK Keliling Rawamangun sehingga seorang guru harus dapat mengatasi keadaan
siswa-siswa TK Keliling Rawamangun dengan penanganan yang tepat karena apabila
salah dalam menangani akan menimnulkan masalah bagi anak.
Anak-anak
TK Keliling Rawamangun memiliki dorongan kuat untuk mencari tahu tentang banyak
hal. Mereka mengajukan banyak pertanyaan, dan mereka senang dalam bermain
tebak-tebakan atau memecahkan teka-teki. Mereka suka mendengarkan cerita. Hal
itu sangat terlihat dalam antusiasnya ketika pembawaan cerita “the habbits and
happy kids” yang dibawakan oleh ibu aldi. Siswa-siswi TK Keliling Rawamangun
mendengarkan dengan senang hati, namun masih ada beberapa siswa-siswa TK Keliling
Rawamangun yang masih sibuk dengan bermain perosotan, ayunan,dll tidak memperhatikan
cerita dari ibu aldi. Anak-anak memang memiliki karakteritik yang beragam.
Dalam hal mengajak pun bila salah akan mengakibatkan hal yang fatal bagi
perkembangan psikologinya.
Anak-anak
sangat ingin bisa dipercaya untuk mengemban suatu tanggung jawab. Mereka senang
jika dilibatkan dalam suatu keperluan seperti misalnya saat pembelajaran akan
dimulai ibu guru meminta siapa yang ingin memimpin do’a lalu dengan serentak
siswa-siswa mengangkat telunjuknya sebagai tanda bahwa ia ingin memimpin doa walaupun
masih ada sebagian anak yang terlihat
malu-malu bahkan masih ada anak ynag ridak ingin pisah dengan orang
tuanya ketika belajar.
Ada
seuatu yang sangat menarik perhatian kami saat observasi yaitu ketika ada dua
anak yang bertengkarsaat pembelajaran berlangsung. Kedua anak tersebut saling
beradu kekuatan. Lalu ada anak yang bernama kanaya berusaha memisahkannya,
namun kedua anak tersebut tak kunjung berhenti bertengkar sampai ibu eky
mengatasi mereka. Ternyata penyebab mereka bertengkar adalah berebut teman
perempuan yang menurut mereka ia tidak boleh dekat dengan orang lain selain
mereka. Hal itu tentu sangat tidak lazim dilakukan oleh anak yamg masih dibawah
umur. Banyak pengaruh baik dari lingkungan sosial, media televise ataupun yang
lainnya yang merusak pola pikir anak-anak. Dalam hal ini guru perlu melakukan
pengamatan sistematis terhadap anak-anak untuk memperoleh informasi yang
dibutuhkan bagi perencanaan yang tepat. Anak-anak laksana biji kacang yang
tumbuh subur ketika dipupuk dan dirawat dengan tepat.
0 Response to "Hasil Observasi TK Keliling Rawamangun Pemuda 1 "
Post a Comment